Tuesday, September 29, 2009

Cara Service Canon MP145, MP150, MP160 Blink E42 dan E27

Jika anda mempunyai printer canon jenis MP, baik yang MP145, MP150, dan MP160, semua printer tersebut memiliki karakter yang sama. Code error yang dimiliki juga sama. Bagi yang ingin tahu kode error MP145, MP150, MP160, bisa melihatnya di sini

Kemarin saya baru saja service printer canon MP150 dengan kerusakan code E42 di layar LCDnya. Saya kira printer perlu direset, tapi ternyata setelah printer canon MP150 tersebut direset ternyata kerusakan masih sama saja.

Bagi yang belum tahu cara reset canon MP150 blink E27 bisa membaca di posting ini.

Akhirnya printer coba aku bongkar, saya cek semua mekanik, kelihatannya nggak ada yang bermasalah. Saya coba rakit kembali dan ditest ternyata kerusakan masih sama. Akhirnya saya tanya sama mbah google dan ternyata kerusakan canon MP150 E42 itu disebabkan oleh scanner yang tidak bekerja sempurna.

Akhirnya saya coba bongkar Scannernya, tapi kelihatannya OK - OK saja. Saya curiga dengan kabel data (mirip pita) yang menghubungkan antara scanner dan Board Printer MP150. Kabel saya test, dan ternyata benar dugaan saya, ada beberapa kabel yang putus tapi tidak kelihatan dari luar atau dari fisiknya. Mau beli spare part kabel kok nggak dapet, akhirnya kabel saya potong di bagian yang kira-kira putus, kemudian kabel di kelupas sebelah sisinya. Saya pasang lagi printernya dan ternyata printer kembali bekerja dengan normal.

Demikian pengalaman saya, mungkin ada printer temen-temen yang nasibnya sama dengan printer Canon MP150 E42 yang baru saja saya service ini.,.....?


Untuk ERROR CANON MP E27 silahkan baca di posting ini

atau disini
Selamat mencoba.................


No comments:

Post a Comment