Tuesday, March 26, 2013

cara memperbaiki charger hp

Memperbaiki Charger Handphone Yang Rusak/mati


3
Pada postingan ringan kali ini kita akan membahas tentang cara memperbaiki charger HP rusak atau bagaimana mengatasi charger handphone yang mati dan sudah tidak dapat digunakan. Charger handphone adalah perangkat penting yang kadang terlupakan. Saat charger rusak, kita baru kebingungan mencari pinjaman untuk charger yang sesuai dengan HP kita.

Harga charger handphone tergolong cukup terjangkau, mulai dari 15 ribu sampai pada kualitas yang bagus harganya agak mahal. Tapi kalau kita lagi kepepet tidak ada waktu untuk beli charger atau belum ada uang, tidak ada salahnya untuk coba memperbaikinya sendiri.

Saya sudah beberapa kali mencoba memperbaiki charger HP sendiri dan ternyata rata-rata berhasil. Kerusakan yang terjadi juga tidak terlalu serius dan masih dapat dicarikan komponen penggantinya. Dulu saya juga sudah pernah menulis tentang kerusakan charger handphone disini: Service Kerusakan Charger Handphone. Kerusakan charger HP ini agak berbeda dengan kerusakan charger notebook.

Okey, sekarang kita lanjutkan dengan pembahasan cara memperbaiki charger HP yang rusak, disini saya ambil contoh pada charger portable atau sering disebut dekstop charger. Kelebihan dari charger HP jenis dekstop ini adalah dapat digunakan untuk bermacam-macam tipe baterai.

Kalau kita membeli yang baru, harganya sekitar 15-25 ribu. Disini kita coba perbaiki sendiri, dimana biaya yang diperlukan hanya 200 rupiah untuk membeli resistor. Saya anggap kita sudah membongkar chargernya, langsung saja cari resistor yang terpasang seri dengan soket AC (soket yang nantinya terhubung dengan listrik PLN).

Resistor fuse pada lingkaran merah yang sering mati


Pada banyak kasus, resistor dengan nilai tahanan rendah tersebut yang mengalami kerusakan. Fungsi resistor itu adalah sebagai fuse, jadi kalau ada tegangan lonjakan dapat mengakibatkan resistor putus. Coba diganti dengan resistor yang baru, biasanya charger sudah dapat menyala kembali. Nilai hambatan resistor fuse tersebut antara 0,1-10 ohm.

Kalau ternyata resistor tidak rusak, komponen lain yang mudah rusak seperti transistor kecil pada bagian konverter atau dioda penyearahnya.

cukup sekian..dari saya..

1 comment:

  1. Mas Erfan, terima kasih atas pencerahannya tentang charger HP. Sukses selalu.

    ReplyDelete