Saturday, March 30, 2013

Software Komputer

Software Komputer

Software Komputer - Software Komputer adalah perangkat lunak. Karena disebut juga sebagai perangkat lunak, maka sifatnya pun berbeda dengan hardware atau perangkat keras, jika perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat diliat dan disentuh oleh secara langsung manusia, maka software atau Perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda namun  bisa untuk dioperasikan.

Software Komputer
Pengertian Software komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah

Ada sedikit cerita dari kami. Pembajakan perangkat lunak, software, terutama untuk komputer pribadi yang terjadi di Indonesia masih tinggi.  Asosiasi global yang menjadi forum advokasi industri perangkat lunak, BSA meyakini delapan dari sepuluh komputer yang ada di Indonesia dijalankan dengan software bajakan.
Tingginya tingkat pembajakan tersebut, senilai dengan angka satu koma empat miliar dolar AS atau sekitar tiga belas triliun rupiah. Hal tersebut menempatkan Indonesia menjadi negara peringkat ke dua puluh di dunia yang menggunakan software bajakan, menurut studi yang dilakukan oleh International Data Center, IDC,pada dua ribu sebelas. 

Dalam diskusi saat peluncuran komik edukasi hak cipta software, karya komikus Beng Rahardian, sekaligus pengumuman Kepala Perwakilan Indonesia. Senior Direktur Marketing BSA, Roland Chan, mengakui tidak mudah memberantas pembajakan software di Tanah Air. Roland beralasan, wilayah negara ini yang luas, membuat usaha pemberantasan pembajakan software di Indonesia lebih sulit, ketimbang mengatasi pembajakan di negera yang luas wilayahnya kecil, meskipun BSA sudah ada di Indonesia sejak tahun seribu sembilan ratus sembilan puluh.

Sementara itu, artis dan pelaku industri kreatif, Dennis Adishwara berpendapat, ancaman penjara tidak akan membuat pengguna piranti lunak bajakan menjadi jera, karena software ilegal sudah menjadi candu bagi masyarakat Indonesia.

Menurut artis yang juga CEO penyedia konten video online, Layaria tersebut penggunaan software ilegal yang terus-menerus akan membuat nilai jual insan kreatif menjadi rendah dan cenderung tidak dihargai, sehingga penggunaan piranti lunak yang legal harus mulai dilakukan, meskipun secara bertahap.
Asosiasi yang beranggotakan lebih dari tujuh puluh perusahaan pembuat solusi software kelas dunia itu, menunjuk Zain Adnan sebagai Kepala Perwakilan di Indonesia, sekaligus meluncurkan situs pakaisoftwareasli.com sebagai sumber informasi seputar hak kekayaan intelektual, khususnya mengenai software.

1 comment:

  1. Amazon PrimeVideo is an amazing platform for watching web series, but it's very difficult to activate primevideo.com/mytv on your smart device. Visit Given link to primevideo.com/mytv enter code and enjoy. Visit - com primevideo mytv

    ReplyDelete