Sunday, March 24, 2013


Memperbaiki Kerusakan Keypad HP Karena Putus Jalur

, pada artikel kali ini saya akan membahas cra memperbaiki kerusakan keypad HP yang disebabkan putus jalur. Jalur yang dimaksud disini adalah jalur tegangan yang menghubungkan tombol keypad dengan komponen-komponen lain yang berhubungan dengan keypad. Biasanya kerusakan yang timbul adalah salah satu tombol atau semuanya tidak berfungsi sama sekali.


Langkah perbaikannya, seperti biasa bongkar dulu casing HP, angkat plastik keytone, gunakan cara yang pertama yaitu membersihkan dengan penghapus pensil. Jika setelah ditest tombol masih tidak berfungsi maka kemungkinan besar jaur keypad putus.

Untuk memperbaikinya kita perlu melihat skema dari keypad HP tersebut. Perhatikan kemanakah jalurnya terhubung. Jika jalur terhubung ke capasitor, maka patikan jalurnya terhubung dengan mengukurnya menggunakan multitester yang di setting pada x1 Ohm.

Tempelkan salah satu jarum multitester pada lingkaran tengah keypad dan salah satunya lagi pada capasitor yang terhubung tersebut. Jika jarum pada layar multitester bergerak naik sampai ketengah-tengah pertanda jalur terhubung, jika jarum tidak bergerak sama sekali pertanda jalur terputus. jangan lupa untuk mengecek kedua kaki capasitornya.

Langkah untuk memperbaikinya bisa kita gunakan teknik penjumperan, namun sebelumnya kita pastikan tidak ada solderan yang renggang pada kaki komponen karena jika renggang cukup kita solder ulang tanpa perlu menjumper. 

Dengan kabel jumper kita hubungkan antara tombol keypad lingkaran dalam dengan komponen capasitor tadi. Untuk lingkaran luar kita cari jalurnya ke ground lalu kita jumper. Test hasilnya menggunakan multitester, jika jumper sukses maka jalur yang putus akan terhubung kembali dan otomatis tombol keypadpun akan berfungsi seperti semula. Selamat mencoba!


No comments:

Post a Comment