Tuesday, September 27, 2011

Membuat handphone menjadi hotspot 3G

Fasilitas hotspot gratis yang memungkinkan pemilik laptop atau ponsel menggunakan koneksi internet ditempat tempat umum,sekarang banyak bertebaran dikota kota besar.Dari kafe,mal bahkan sampe alun alun pun kadang sudah ada fasilitas koneksi internet tersebut.
Masalahnya,mungkinkah kita punya jaringan hotspot sendiri,jadi kita bisa pake dimana aja tanpa harus kekafe ataupun alun alun.

Tenang ja,ternyata bisa kok membuat hotspot sendiri.Caranyapun relatif mudah,cukup bermodal ponsel saja,andapun bisa membuat hotspot sendiri yang bisa dimawa kemana kita mau.
Membuat ponsel menjadi hotspot dimungkinkan karena ada pengembang yang menciptakan aplikasi gratisan bernama joikuSpot light,yang dibuat perusahaan pengembang aplikasi JoikuSoft Oy Ltd.JoikuSpot memungkinkan sebuah ponsel berfungsi membagi koneksi internet kepada devices external seperti laptop,ponsel atau perangkat mobile lainnya.
Untuk membuat ponsel menjadi hotspot yang pertama anda perlukan adalah sebuah ponsel symbian 9.1 S60 third edeition yaqng telah dilengkapi dengan fitur 3G dan WiFi.Ponsel yang masuk kategori ini adalah Nokia N95 8GB, Nokia N95,Nokia N93i, Nokia N93, Nokia N91, Nokia N82, Nokia N80, Nokia E90, Nokia E70, Nokia E65, Nokia E61i, Nokia E61, Nokia E51, Nokia 6710 Navigator, Nokia 5800 XpressMusic, Nokia 5730 XpressMusic, Nokia 5630 XpressMusic, Nokia 5530 XpressMusic, Samsung i8910 Omnia HD, Samsung i7110, Samsung i550w, Samsung GT-I8510 Innov8, dan Samsung G810.
Kenapa harus menggunakan ponsel jenis symbian 9.1 S60 third edition yang telah dilengkapi dengan fitur 3G dan WiFi,karena aplikasi JoikuSpot Light hanya bisa dijalankan diponsel jenis itu.
Kemudian pastikan ponsel anda sudah terdaftar fasilitas 3G,kalau belum daftarkan ponsel anda ke operator agar bisa mengakses fasilitas 3G.
Lalu, unduh software JoikuSpot Light secara gratis di joiku.com. Kemudian, instal aplikasi itu di ponsel. Lalu aktifkan aplikasi JoikuSpot. Setelah diaktifkan, nantinya Anda akan diminta persetujuan berbagi koneksi internet dan memilih akses poin yang sesuai dengan SIM Card operator yang Anda gunakan. Setelah itu aplikasi akan melakukan proses koneksi. Bila status connected, itu berarti ponsel sudah berhasil dijadikan access point hotspot. Nyalakan laptop atau gadget yang dilengkapi dengan WiFi untuk bisa menikmati hotspot ponsel ini.
Keuntungan menggunakan ponsel sebagai hotspot ini bisa dibawa kemana mana,Misalnya, jika di kantor koneksi internet sedang ngadat atau di tempat bergaul tibatiba Anda perlu koneksi internet, tinggal aktifkan saja ponsel.Meski begitu, bukan berarti hotspot ponsel ini memiliki kemampuan yang sama dengan hotspot yang asli. Pasalnya, dalam satu sesi JoikuSpot Light hanya bisa menampung maksimal 5 koneksi untuk ponsel dan dua laptop atau PC.
Sementara, hotspot bisa digunakan puluhan bahkan ratusan ponsel atau laptop. Pun beberapa aplikasi seperti Microsoft Outlook, GoogleTalk, dan Skype tidak bisa berjalan optimal.
Kalau mau lebih optimal, ada baiknya menggunakan versi premium yang dijual seharga 9 euro atau sekitar Rp 110 ribu.

No comments:

Post a Comment