Monday, May 16, 2011

Memperbaiki LCD pada handphone


Sirkuit layer utama, terdiri dari modul display dan sirkuit parsial dari CPU. Clock dan data-data seperti display sinyal yang dikeluarkan oleh CPU melalui display interface dan berhubungan dengan spring pada modul display, lalu menggerakkan indikasi display. Jika modul display rusak, atau ada kontak yamg jelek antara spring dengan display interface, display akan terdistraksi atau rusak. Umumnya, modul display yang pernah terbentur atau jatuh ke air jadi rusak. Terdapat beberapa macam koneksi pada komponen LCD ini, yaitu:
-Tembaga (konektor)
-Karet (Rubber)
-Kabel tipis (Flexible)
-Soket atau slot sistem

Ada beberapa kerusakan yang terjadi pada LCD antara lain:

1.LCD Pecah
Bisaanya LCD pecah diakibatkan oleh factor, terjatuh, tertindih, atau mungkin habis terjatuh kemudian tertindih. Apabilah LCD dalam kondisi seperti ini yaitu pecah, maka LCD tidak bisa diperbaiki, maka LCD harus ganti dengan yang utuh atau baru.

2.LCD Blank
Pada LCD blank yaitu dimana display atau tampilan layar LCD tidak nampak gambar atau tulisan sama sekali. Atau hanya nyala lampu led LCD saja. Kondisi seperti ini bisaanya ada beberapa factor yang mempengaruhi yaitu:
  • Rubber/konektor fungsinya sebagai jembatan perantara antara LCD dan PCB. 
  • PCB konektor , posisinya berada pada PCB handphone, jika komponen ini rusak, mengakibatkan LCD tidak bisa terpasang sempurnya yang mengakibatkan LCD blank. 
  • LCD blank juga bisa disebabkan oleh rusaknya sirkuit modul LCD, yang mungkin disebabkan oleh ausnya komponen, terjatuh dan juga terkena air.
3.LCD Buram

Tampilan LCD yang baru bisa kita lihat dari ketajaman tampilan/display. Bisaanya dari pertama kali hp diaktifkan saat beli baru, bisa kita amati dengan berjalannya waktu, lama-kelamaan tampilan LCD akan buram.
Dari beberapa kasus LCD, ada LCD yang buram, ada yang ngeflek, ada juga LCD yang terdapat titik noda di tengah LCD, titik noda ini mulanya kecil tapi lama-kelamaan akan melebar dan mengakibatkan LCD ngeblank.

Pada kasus seperti ini sebetulnya bisa diperbaiki, yaitu dengan cara mengganti membran/film screen pada LCD bagian atas. Ingat, penggantian film screen ini harus dengan tipe LCD yang sama dan juga harus diperhatikan saat pemasangannya jangan sampai terbalik arah dan posisinya. Bisa mengakibatkan warna dan tampilan LCD jadi pudar.





4.LED LCD
Sungguh sangat menjengkelkan pada saat kita sedang baca sms tiba-tiba tampilan LCD jadi gelap. Keadaan seperti ini diakibatkan oleh lampu/LED LCD putus. Kasus seperti ini sering dialami oleh Nokia tipe DCT4.
Jangan keburu mengambil keputusan untuk menggantinya dengan LCD yang baru. Kita bisa mengganti led LCDnya saja.

Tapi ingat penggantian LED LCD ini sangat beresiko karena posisi LED berada pada jalur LCD. LED LCD tidak sama dengan LED keypad atau LED LCD pada Nokia tipe DCT3. solusinya kita harus mencari LED yang tipenya sama. Pemasangan LED LCD ini sangat beresiko, tetapi sangat menghemat pengeluaran biarpun sangat beresiko kita bisa coba. Toh nantinya merusak LCD ya gak masalah, sekalian aja ganti yang baru.

5.Flexible/Jalur
Ada beberapa LCD yang LCDnya dilengkapi dengan flexible. Terutama hp tipe Sliding dan flip, dimana LCDnya tergantung flexible. Yang mana flexible ini menghubungkan PCB utama dengan PCB kedua yang lebih kita kenal dengan Board atas, seperti hp Nokia tipe 5200, 5300 dll. Jika kondisinya seperti ini bukan LCDnya yang rusak jika terjadi Blank. Yang perlu diganti adalah flexiblenya.

No comments:

Post a Comment